Layanan Perpustakaan

Deskripsi

Perpustakaan Umum Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor mempunyai layanan terhadap masyarakat sebagai berikut:

  • a) Layanan Baca Dewasa

    Layanan Baca Dewasa adalah layanan yang diperuntukkan bagi pemustaka kategori usia dewasa mulai usia 15 tahun sd lansia. Layanan ini berada pada ruang baca dan ruang koleksi buku khusus dewasa yang berkaitan dengan Ilmu Psikologi, Filsafat, Agama, Kesehatan, Social, Ilmu Ekonomi, Pendidikan, Politik dan Pemerintahan serta semua subyek konsumsi usia dewasa.

  • b) Layanan Baca Anak

    Layanan yang diperuntukkan bagi pemustaka kategori usia 0-14 tahun. Layanan ini berada pada ruang baca anak dan koleksi buku bacaan anak yang diperuntukkan anak-anak, baik segi keemasan maupun bahasa penyampaian isi buku. Ruangan baca anak dan dewasa terpisah. Kategori ilmu yang menjadi koleksi bacaan anak ini mencakup seluruh sunyek ilmu mulai dari agama, ilmu social, pendidikan usia dini, pemerintahan, sejarah, ilmu sains, dan lai-lain.

  • c) Layanan Majalah/Surat Kabar/Referensi

    Layanan ini diperuntukkan bagi pemustaka yang memerlukan bacaan yang rutin dan up date tiap harinya. Kategori surat kabar baik local maupun nasional, bahkan terbitan lama 2 tahun kebelakang pun masih ada, bila ada yang memerlukan informasinya. Sedangkan Referensi adalah layanan bagi pemustaka yang memerlukan rujukan bahan-bahan bacaan yang memuat informasi yang cepat dan sekedar untuk rujukan seperti perundang-undangan, peraturan pemerintah, terbitan pemerintah, ensiklopedia ilmu popular dan lain-lain. Layanan ini hanya diperuntukkan di tempat saja tidak untuk dibawa/dipinjam ke rumah.

  • d) Layanan Internet/Wifi

    Layanan ini digunakan bagi pemustaka ataupun petugas perpustakaan untuk mempermudah mencari informasi selain dari bahan bacaan yang ada di ruang koleksi perpustakaan. Layanan ini diperuntukkan seluruh usia namun ada perbedaan antara pemustaka anak-anak dan pemustaka dewasa dengan mendapatkan password terlebih dahulu, sehingga akan diketahui pemustaka ini masih anak-anak atau dewasa. Jika pemustaka anak-anak maka ini dibutuhkan adanya bimbingan dari petugas. Mereka akan membuka apa, perlu cari tahu ilmu tentang apa. Dalam kegiatan ini anak-anak semuanya dibimbing oleh petugas.

  • e) Layanan Audio Visual

    Layanan ini khusus digunakan jika ada kunjungan dalam jumlah banyak. Biasanya ada kunjungan rutin dari sekolah, maka layanan audio visual ini ditampilkan sesaui dengan tema atau tugas sekolah yang berkunjung. Misalnya tema tentang komunikasi maka layanan audio visual ini membantu memamparkan atau menayangkan tentang hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi. Layanan ini gratis didapatkan, hanya cukup dengan menyampaikan surat permohonan kunjungan.

  • f) Layanan Sirkulasi

    Layanan ini mencakup layanan peminjaman dan pengembalian buku. Perpustakan Daerah ini melayani peminjaman buku dibawa ke rumah. Dengan syarat menjadi anggota terlebih dahulu. Untuk mendapatkan kartu anggota pemustaka mengisis formulir, melampirkan fotokopi KTP (warga Kabupaten Bogor) atau diluar Kabupaten Bogor lampirkan surat keterangan kerja/kuliah, lalu melampirkan pas photo. Proses pembuatan kartu anggota ini dilaksanakan secara gratis. Tidak dipungut biaya.

  • g) Layanan Perpustakaan Keliling

    Layanan ini merpuakan program tahunan Perpustakaan Daerah dan unggulan. Hal ini dikarenakan melalui sarana perpustakaan keliling dapat menjangkau daerah-daerah yang jauh dari pusat ibukota kabupaten untuk datang dan berkunjung ke perpustakaan daerah Kabupaten Bogor. Program perpustakaan keliling ini dianggarkan dalam APBD tiap tahun dengan menargetkan 38 kecamatan dengan 2 titik layanan pada tiap kecamatan baik Desa/Sekolah. Layanan ini pun gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

  • h) Layanan Konsultasi perpustakaan dan kepustakawanan

    Layanan ini diperuntukkan bagi perpustakaan jenis apapun baik perpustakaan desa/ taman bacaan, perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus bahkan perpustakaan keluarga. Layanan ini diberikan dalam bentuk konsultasi tentang pengelolaan perpustakaan sesaui standar yang ditetapkan.

  • i) Layanan Magang

    Layanan ini diperuntukkan bagi siswa SMK yang praktek kerja bidang administrasi perkantoran atau mahasiswa diploma jurusan IT ataupun perpustakaan atau mahasiswa S1 yang mengadakan penelitian bidang perpustakaan.

  • j) Layanan Wisata Baca Perpustakaan

    Layanan ini satu rangkaian dengan kunjungan perpustakaan dari sekolah mulai dari PAUD, TK, SD sampai SMA. Layanan ini diadakan secara gratis dengan terlebih dahulu menyampaikan surat kunjungan perpustakaan kepada Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah pada waktu yang telah ditentukan.

  • Alur

    Untuk alur pelayanan perpustakaan pada Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor tergantung pada jenis pelayanan perpustakaan yang dibutuhkan oleh pemustaka.

    Persyaratan

    Menjadi anggota perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor. Adapun persyaratan menjadi anggota Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor adalah::

    Mengisi Formulir Keanggotaan
    Berdomisili di wilayah Kabupaten Bogor dibuktikan dengan Foto Copy KTP atau bagi yang memiliki KTP (Pelajar), menggunakan Foto Copy KTP Orang tua

  • Mengisi Formulir Keanggotaan
  • Berdomisili di wilayah Kabupaten Bogor dibuktikan dengan Foto Copy KTP atau bagi yang memiliki KTP (Pelajar), menggunakan Foto Copy KTP Orang tua
  • Mematuhi semua aturan dan Tertib yang ada di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor
  • Adapun waktu layanan perpustakaan pada Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor adalah :

    Senin s/d Jumat : Pkl. 08:00 s/d 15:00 WIB
    Sabtu : Pkl 08:00 s/d 13:00 WIB
    Minggu : Pkl 08:00 s/d 13:00 WIB
    (Lapangan Tegar Beriman)

    Retribusi

    Untuk Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupetn Bogor tidak dipungut biaya apapun.