Sistem
Pengelolaan Informasi Penyimpanan Alih Media Arsip Terintegrasi atau disingkat SIPALMA Terintegrasi V.1 merupakan sebuah sistem yang dapat meningkatkan komitmen dan arahan yang jelas kepada seluruh Perangkat Daerah terhadap pelaksanaan pengelolaan arsip elektronik.
Fungsi utama SIPALMA sebagai sarana mensosialisasikan budaya praktik pengelolaan arsip elektronik yang baik di lingkungan pencipta arsip, mendorong pelaksana mematuhi pengelolaan arsip elektronik sesuai prosedur.
Serta menurunkan tingkat risiko yang berhubungan dengan pengelolaan arsip elektronik dan meningkatkan efisiensi proses bisnis dan pemberian layanan.
Penggunaan SIPALMA juga mampu menghemat SDM, dalam sistem arsip konvensional tentunya banyak melibatkan petugas kearsipan untuk mengelola dan melayani kebutuhan arsip, dan hal ini belum menjamin kecepatan dan ketepatan dalam sistem pencarian arsip. Berbeda dengan arsip elektronik, tentus saja dapat dilakukan penekanan kebutuhan SDM, selain sistem temu kembali informasi tidak harus melibatkan SDM yang banyak, namun akses informasi dapat dilakukan dengan cepat.
Sistem Informasi Penyimpanan ALih Media Arsip mampu memperkecil kemungkinan kehancuran data, Dengan arsip elektronik kita akan mudah melakukan Back-up data, sehingga kita akan mempunyai cadangan terhadap arsip-arsip penting yang dimiliki. Hal ini untuk mencegah kehancuran arsip yang disebabkan oleh bencana seperti banjir dan kebakaran.